Pages

Monday, August 6, 2012

TRIK MERAWAT BATERAI LAPTOP AGAR TAHAN LAMA

   Baterai merupakan sumber daya yang bisa dibawa kemana-mana, yang memudahkan kita untuk melakuan suatu hal yang berhubungan dengan elektronik, HHmmmmmm.... bagi kita semua yang mempunyai Laptop jika baterainya mudah / cepat ngedrop pasti merasa jengkel atu marah, Tidak marah gimana, misalkan lagi enak-enaknya OL di suatu tempat echh... tiba-tiba baterai abis pati jengkel kan. heheehhehe... Nah.. untuk menghindari baterai mudah Ngedrop, alangkah baiknya kita sayangi baterai laptop kita dengan cara merawatnya, di bawah ini ada beberapa Trik agar baterai kita bisa awet alias tahan lama.

 

   Tips:


 >Hindarilah meletakkan laptop di tempat tidur (kasur) dan  lantai ketika digunakan, karena baterai laptop membutuhkan ruang untuk mengeluarkan panas.

>Janganlah menggunakan laptop dalam keadaan sedang di isi / dicharge, karena daya tahan baterai akan melemah
>Gunakan coolingpad, karena coolingpad dapat menyerap panas yang berlebih pada baterai yang membuat beterai tidak cepat panas.
>Usahakan ketika menaruh laptop jangan terkena sinar matahari langsung, karena akan mempengaruhi kinerja laptop dan baterainya.
>Apabila laptop tidak dipakai dalam waktu yang lama, lebih baik pisahkan baterai dari laptop. Simpan baterai ditempat kering dan gunakan silica gel untuk menghindari kelembaban.
>Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara meng-kalibrasi adalah gunakan baterai sampai menyisakan +/- 10-15 % daya, lalu matikan laptop dan charge sampai penuh. Dengan begitu partikel-partikel didalam baterai akan terus bergerak sehingga kondisinya akan selalu prima.
>Hindarilah baterai terjatuh apalagi sampai dibanting.
>Apabila laptop sering di on/off kan, lebih baik gunakan sleep mode untuk meminimalisir penggunaan daya. Karena daya yang dibutuhkan saat menyalakan laptop akan lebih besar.
>Selalu gunakan charger original untuk mempertahankan daya tahan baterai.
>Hindarilah baterai dari tetesan air.

 

 

Bisa dipahami kan?

 

Semoga bermanfaaat untuk teman-teman yang membutuhkannya. hehehehhe :P


No comments:

Post a Comment