Pages

Thursday, July 19, 2012

Cara menyetem gitar

GITAR

 Gitar, sudah tidak dipungkiri lagi bahwa gitar memang sangat mampu untuk merubah suasana hati yang lagi Galau, Jenuh, BT,dll, menjadi sebaliknya, tetapi jika suara gitar yang kita mainkan Nadanya Fals maka akan terasa tidak enak untuk didengarkan, bahkan yang mendengarkanpun akan merasa bosan.

Nah..... pada kesempatan kali ini Aku mau berbagi tata cara menyetem gitar agar tidak fals, dan suaranyapun menjadi enak didengar. Pertama-tama putarlah penala senar gitar secara perlahan-lahan dan tangan yang satunya sambil memetik senar, bandingkan dengan senar yang lain hingga suara nadanya sama,Lakukanlah hal dibawah ini:

  -Nada Senar no 1(E) los senar = Nada senar no 2(B) fret ke 5 (petik senar kedua dengan jari tangan satunya menekan senar no 2 pada fret ke 5)

  -Nada Senar no 2(B) los senar = Nada senar no 3 fret ke 4 (petik senar ketiga dengan jari tangan satunya menekan senar no 3 pada fret ke 4) 

 -Nada Senar no 3(G) los senar = Nada senar no 4 fret ke 5 (petik senar keempat dengan jari tangan satunya menekan senar no 4 pada fret ke 5) 

 -Nada Senar no 4(D) los senar = Nada senar no 5 fret ke 5 (petik senar kelima dengan jari tangan satunya menekan senar no 5 pada fret ke 5) 

 -Nada Senar no 5(A) los senar = Nada senar no 6 fret ke 5 (petik senar keenam dengan jari tangan satunya menekan senar no 6 pada fret ke 5)  

 Yang dimaksud Los senar yaitu: Senar hanya dipetik saja. Semoga bermanffat buat teman-teman yang lagi belajar menyetem / mengatur nada gitar. 

  Sekian....

No comments:

Post a Comment